Posted by : Unknown Jumat, 01 Mei 2015

Hal-hal yang Dilakukan Untuk Menghindari Nilai Ulangan yang Kurang Memuaskan


Hasil gambar untuk nilai ulangan konyol


Setiap materi yang siswa pelajari akan di uji pemahamannya melalui tes, baik tes tulis maupun tes lisan tergantung materi yang dipelajari. Jika siswa tidak mempersiapkannya dengan baik, maka nilai yang diperoleh siswa tersebut tidak akan sesuai dengan harapan.

Berikut ini hal yang harus Anda lakukan ketika akan ulangan. Dengan melakukan hal ini, ketika akan ulangan, Anda tidak akan mendapat nilai yang menyebalkan, dan mendapat nilai yang memuaskan serta sesuai dengan harapan Anda.

Pertama, perbanyaklah membaca materi. Membaca sangat penting untuk menambah pemasukan pengetahuan tentang materi. Usahakan membiasakan diri untuk membaca materi, baik yang akan diulangankan maupun yang tidak.

Kedua, pahami materi. Membaca saja tidak cukup, Anda juga harus paham terhadap materi yang akan diulangankan. Pemahaman tentang materi akan lebih mudah jika sering membaca materi.

Ketiga, jangan malu bertanya. Terkadang materi yang sudah Anda baca tidak semuanya Anda pahami. Untuk itu, janganlah malu untuk menanyakannya kepada teman atau Guru yang bersangkutan. Guru Anda pasti senang ketika siswanya bertanya, itu salah satu tanda bahwa apa yang disampaikannya diperhatikan.  Guru pun dapat mengetahui letak kesulitan murid dalam materi yang disampaikannya. Dengan bertanya, Anda dapat lebih memahami materi dengan penjelasan yang lebih rinci dari Guru Anda tersebut.

Keempat, persiapan yang matang. Jika Anda sudah mengetahui ada jadwal ulangan, segeralah persiapkan dengan matang. Persiapan dilakukan jauh hari sebelum ulangan. Hindari sistem kebut semalamketika akan dilakukan ulangan.Namun itu tergantung diri Anda, jika Anda lebih nyaman dengan sistem kebut semalam, maka pakailah cara itu. Tetapi dengan persiapan yang dilakukan jauh hari sebelum ulangan itu akan lebih maksimal, Anda akan lebih mudah mengingat materi karena sering dibaca, dan dipahami.

Kelima, percaya diri dan berdoa. Percaya pada diri Anda bahwa Anda bisa mengisi ulangan tanpa bantuan dari orang lain, bersikap jujur , dan isilah sesuai kemampuan Anda.  Hal yang tidak kalah penting dalam persiapan saat akan ulangan adalah berdoa. Usahakan berdoa pada awal dan akhir ulangan demi kelancaran dan hasil yang lebih memuaskan, pasrahkan semua usaha yang Anda lakukan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © TOBILSUBS - Powered by Blogger -